Semoga artikel-artikel yang ada di dalam blog ini bermanfaat bagi kita semua. Semua artikel dalam blog ini boleh di-copy dan disebarluaskan, tapi mohon untuk menyertakan link ke blog ini (www.lampuislam.blogspot.com).

Ketuhanan Yesus Kristus





Dalam tulisan kali ini, aku akan membahas tentang trinitas dan “Ketuhanan Yesus Kristus.” Jadi kita akan kembali membahas trinitas.

Dalam tulisan yang lalu, kita sudah memberikan bantahan terhadap argumen-argumen yang mendukung trinitas berupa ayat dari I Yohanes 5:7-8. Dan para sarjana Kristen modern telah membuang ayat ini jauh-jauh karena ayat ini diketahui sebagai sisipan yang menyesatkan. Ayat ini juga telah dihapus dari Bible-bible versi baru.

Karena argumen mereka dalam I Yohanes 5:7-8 sudah terbantahkan, maka mereka mencari argumen lainnya. Menurut The New Catholic Encyclopedia

“Dalam Gospel, argumen yang mendukung trinitas hanya ditemukan secara jelas dalam ayat Matius 28:19.”

Dalam ayat ini, Yesus tercatat menyuruh murid-muridnya “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

Pertama-tama, menaruh 3 nama dalam 1 kalimat tidak berarti hal itu satu hakikat. Ketika kita mengatakan singa, macan, dan beruang, maka maksudnya adalah seekor singa, seekor macan, dan seekor beruang? 3 jenis binatang yang berbeda. Jadi meskipun ayatnya mengatakan “Baptislah dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus” bukan berarti ketiganya adalah satu.

Dalam Matius 16:15, Yesus Kristus mengirim murid-muridnya untuk membaptis, tapi disitu tidak disebutkan Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Jadi yang mana di antara kedua ayat ini yang benar? Kita tidak tahu. Tapi jika kita lihat apa yang dilakukan murid-murid Yesus, mereka malah membaptis dalam nama Yesus Kristus. Ini artinya bahwa mereka tidak melakukan sesuai yang diperintahkan. Bisa juga berarti ayat Matius 28:19 adalah ayat palsu.

Argumen lainnya ada dalam Yohanes 14:9. Dalam ayat itu, diduga Yesus berkata “Barangsiapa telah melihat aku, ia telah melihat Bapa.” Apa artinya ayat ini? Ini hanyalah kata-kata metafor, yang berarti bahwa kau melihat seseorang yang mewakili wahyu yang disampaikan dari Bapa, karena dalam Yohanes 5:37 tertulis:

“Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat”

Yesus Kristus mengatakan tidak ada yang bisa melihat suara atau rupa Tuhan, sedangkan dia berdiri di depan mereka, memberitahu mereka dengan suaranya sendiri. Jadi jika mereka mendengar suara Yesus dan dia mengatakan tidak ada yang pernah mendengar suara-Nya, pasti Yesus Kristus bukanlah Tuhan. Dan Yesus berkata “rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat” sedangkan mereka sedang melihat Yesus Kristus.

Kemudian umat Kristen mengajukan Yohanes 10:30 sebagai argumen, Aku dan Bapa adalah satu." Sekali lagi ini adalah kata-kata metafor, karena Yohanes 17:11 berbunyi:

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku, supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.”

Oke, jadi sekarang kau tidak bisa percaya pada prinsip trinitas, karena kau harus  memasukkan semua pengikut Yesus, karena Yesus berkata “supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.”

Dalam Yohanes 17:21 kata-kata metafor ini diperkuat lagi dengan pernyataan:

supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Jika kita mengatakan “Aku dan Bapa adalah satu” yang berarti Yesus adalah satu hakikat dengan Bapa, bantahannya adalah kedua ayat di atas yang berbunyisupaya mereka menjadi satu sama seperti kita.

Dengan jelas Yohanes 10:30 adalah kata-kata metafora. Dan, para Yahudi ketika mereka mendengar ayat ini, mereka merespon dengan mengambil batu-batuan untuk menimpuki Yesus. Dan apa kata Yesus? Dia bertanya kepada mereka,

"Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." (Yohanes 10:32-33)

Tempatkan dirimu dalam situasi seperti itu. Jika kau adalah Tuhan yang Maha Kuasa, maka kau tidak akan takut hanya karena ditimpuki bebatuan. Tapi Yesus malah memberitahu mereka “kau salah paham” kemudian dia menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan.

Apakah hal ini mengejutkanmu? Dimanapun, kau lihat semua orang menggunakan kata-kata metafora ini . Bahkan aku mempunyai teman kampus yang memanggilku “tuhan”. Suatu hari aku sedang melakukan pembedahan katarak dan orang ini mengatakan “Dr. Brown adalah tuhan dalam operasi bedah katarak.” Audzubillah. Aku merasa terganggu mendengar kata-kata orang itu, karena itu adalah penghinaan kepada Tuhan. Tapi betapa sering kita mendengar orang-orang berkata “Orang ini begitu mahir dalam urusan ini dan itu, dia seperti tuhan.”

Sebenarnya di dalam Al-Quran ada ayat yang menjelaskan tentang semua ini.

Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.  (Q.S. Al-Maaidah:73)

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya." (Q.S. Al-Kahfi:110)

Jadi siapa lagi yang menyebarkan pesan Tuhanmu Maha Esa? Dialah Yesus Kristus. Dalam 3 tempat di Bible, Yesus berkata “Ketahuilah wahai Israel, Tuhanmu adalah satu.” Jadi ini bukan saja pesan Al-Qur’an tapi juga pesan Yesus Kristus dan semua nabi sebelumnya.

Lihat saja di dalam Bible bahwa sebenarnya Yesus Kristus menolak keilahiannya. Dalam Matius, Markus, dan Lukas, Yesus mengucapkan sebagai berikut:

“Kenapa kau menyebutku baik? Tidak ada yang baik kecuali Tuhan yang satu.”

Dalam Yohanes 14:28:

Kamu telah mendengar, bahwa aku telah berkata kepadamu: aku pergi, tetapi aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi aku, kamu tentu akan bersukacita karena aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada aku.

Jika Yesus adalah Tuhan, bagaimana mungkin Tuhan lebih besar daripada dia?

Dalam Yohanes 8:28:

“Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.”

DalamYohanes 5:19:

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sang Anak (Yesus) tidak dapat mengerjakan sesuatu dari dirinya sendiri.”

Ada banyak ayat-ayat serupa dan aku tidak akan menuliskan semuanya, aku akan lewatkan saja sampai bagian ketika Yesus berkata:

“Perintah Tuhan yang paling utama adalah: Dengarlah wahai Israel, Tuhan kita adalah satu.”

Di dalam Markus 13:32:

“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Di dalam Lukas 4:8:

“Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Jadi ada banyak ayat dimana Yesus Kristus mengatakan bahwa dia bukanlah Tuhan. Dia adalah hamba Tuhan. Sebanyak 88 kali di dalam Bible dia mengatakan bahwa dirinya anak manusia, tidak pernah sekalipun dia menyebut dirinya anak Tuhan secara harfiah.

Kalau kalian masih belum percaya, aku akan menuliskan satu ayat lagi:

Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya." (Markus 6:4)

Dia menyebut dirinya seorang nabi. Kita harus percaya perkataannya karena dia berkata “sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem.”? Dia membicarakan tentang dirinya sendiri, seorang manusia dan seorang nabi.

Menurut kamus Bible, satu-satunya ayat Perjanjian Baru yang mendukung doktrin menjelmanya Tuhan menjadi manusia adalah I Timotius 3:16. Tapi menurut Bart D. Ehrman yang merupakan sarjana Kristen yang terkenal, dia berkomentar:

“Ayat yang tegas ini mungkin disetujui oleh Paulus, tapi sebenarnya kita telah ditipu oleh Bible zaman sekarang karena kata-kata aslinya diubah menjadi kata “Tuhan” di Konstantinopel pada awal abad ke-6. Ayat yang asli dapat dibaca dalam versi Latin, Siria, dan bahasa Yunani. Dan ayat palsu ini “Dengannya ada 3 yang menjadi saksi...” yang ditemukan dalam I Yohanes dengan menakjubkan ditemukan oleh Sir Isaac Newton. Beberapa ayat dalam Perjanjian baru telah diubah untuk menekankan doktrin dimana Yesus sendiri menentangnya. Penulis pada masa kemudian telah mengubah tulisannya jadi tidak lagi dibaca “siapa” tapi menjadi “Tuhan yang menampakkan diri dalam rupa manusia.” Ini berarti para penulis Bible mengubah teksnya untuk menekankan keilahian Yesus. Sebenarnya dalam manuskrip aslinya tertulis “Siapa yang menampakkan diri dalam rupa manusia?” tanpa pernah menyebut Yesus sebagai Tuhan. Seiring Wettstein melanjutkan investigasinya, dia menemukan ayat lain yang secara tipikal digunakan untuk menegaskan doktrin tentang keilahian Yesus yang pada faktanya mengalami masalah tekstual; ketika masalah ini terselesaikan dalam penelitian kritik-teks, dalam banyak kasus, ayat-ayat yang menunjukkan keilahian Yesus dihapus.”

Jadi I Timotius 3:16 adalah ayat palsu, tapi itulah kenyataannya.

Faktanya ketika kita membaca Bible, maka kita tahu bahwa Yesus hanyalah manusia biasa. Kita membaca tentang seorang bayi (Yesus) yang terlahir ke dunia ini dengan cara dilahirkan, terlahir ke dunia ini dengan pecahnya ketuban, seorang bayi yang dirawat oleh ibunya, serta butuh makanan dan perawatan. Seorang bayi yang tumbuh menjadi manusia normal yang memakan makanan dan meminum minuman, dan tentu saja dia juga perlu ke kamar mandi. Semua ini adalah tanda-tanda sifat alami manusia.

Ini bukanlah sifat Tuhan karena Tuhan tidak perlu apapun. Tuhan mungkin senang karena perbuatan baik dan ibadah kita, tapi Dia tidak butuh apapun dari kita.

Tapi Yesus membutuhkan makanan dari ibunya, dia butuh perawatan. Dia membutuhkannya agar bisa tumbuh dewasa.

Dia juga berdo’a. Jika dia Tuhan, maka dia berdo’a kepada siapa dan mengapa dia berdo’a? Dia berdo’a agar diselamatkan dari penganiayaan yang dapat menimpanya. Tuhan yang Maha Kuasa berdo’a agar diselamatkan kepada siapa?

Tuhan Maha Mengetahui tapi di dalam Markus 5:30, Yesus bahkan tidak tahu siapa yang menyentuh pakaiannya.

Tuhan itu Maha Kuasa tapi dalam Markus 6:5 dikatakan bahwa Yesus tidak bisa menunjukkan mukjizat apapun pada waktu itu.

Dalam Markus 8:22-25 Yesus gagal menyembuhkan orang yang buta pada saat pertama kali mencobanya, dan seharusnya Tuhan tidak pernah gagal.

Tuhan tidak pernah melemah tapi Yesus membutuhkan kekuatan. Para malaikat memberinya kekuatan dalam Markus 1:13 dan Lukas 22:43.

Yesus tidur tapi Tuhan tidak pernah tidur.

Yesus digoda oleh setan tapi dalam Yakobus 1:13 dikatakan bahwa Tuhan tidak bisa digoda oleh kejahatan.

Yesus berdo’a dan bersyukur, dia berpuasa, dia membawa ajaran Tuhan tapi pada akhirnya dia menderita penghinaan, penyiksaan di tangan penguasa yang lalim, dan semua ini menunjukkan sifat seorang manusia.

Semua yang kutulis berasal dari buku pertamaku MisGod’ed. Buku ini dapat dibeli melalui amazon.com atau kau bisa membaca sebagian darinya di website-ku leveltruth.com bersamaan dengan artikel dan bab-bab yang belum dipublikasikan. Semua ini dapat kau temukan di websiteku dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi maaf jika aku melewatkan beberapa bagian dan hanya mencoba menjelaskan hal-hal yang paling penting, karena kita tidak bisa membahas semuanya.

Ayo Subscribe ke YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/arceuszeldfer
Ayo Like Facebook Page-nya: Lampu Islam

Baca juga artikel lainnya:

22 comments:

  1. "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." (Yohanes 10:32-33)

    Tempatkan dirimu dalam situasi seperti itu. Jika kau adalah Tuhan yang Maha Kuasa, maka kau tidak akan takut hanya karena ditimpuki bebatuan. Tapi Yesus malah memberitahu mereka “kau salah paham” kemudian dia menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan. ..dalam halm ini sangat jelas orang yahudi sufah paham jika yesus menyamakan diri dengan allah makanya yesus hendak DILEMPARI BATU,,coba otakmu mikir se andainya yesus ga menyamakann diri dengan allah apa yahudi akan marah>????pakai otak ya dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, makanya santai saja bro jangan pake emosi, karena sebenarnya jawabannya sudah terpampang jelas dalam komentar anda di atas.

      Kutipan: "kemudian dia (Yesus) menjelaskan bahwa dalam istilah Yahudi, kata-kata itu adalah metafora, dan para Yahudi memang memanggil hakim-hakim mereka dengan sebutan “tuhan."

      Inilah jawabannya, Yesus tidak bermaksud menuhankan dirinya, melainkan itu hanya kata kiasan saja.

      Hapus
    2. Maaf saya kira andalah yang menghujat Tuhan, dengan mengatakan hakim-hakim tuhan? Dari alquran apakah Tuhan itu? Banyak tuhan bisa disebut, gampang kok, tetapi apakah itu yang benar? Tulisan yang diatas (admin) mengatakan ayat Alkitab palsu,semua palsu.jadi yang mana menurut anda yang tidak palsu? Hebat sekali mereka mengatakan ini palsu dan ini yang benar, sayapun percaya bahwa alquran itu semuanya palsu,buatan muhammad agar mendustai nabi sebelum dia,maka pengikutnya otomatis ditipu.saya bertanya; adakah bukti saksi yang melihat muhamad di gua hira?katakan.apakah ada saksi orang yang melihat muhammad didatangi jibril?katakan.bukankah itu semua kata-kata muhammad sendiri? Berbeda dengan Tuhan Yesus ia ada saksi 12 murid yang selalu ada dengan Dia, setiap pengajarannya selalu diikuti ribuan orang. Tentu saya lebih percaya dengan Tuhan Yesus.jadi ayat mana yang palsu? Semua ayat dalam Alkitab ditulis oleh yang orang yang melihat dan bersama denga Dia langsung.
      Saya menilai admin ini pintarnya hanya mengandalkan kutipan manusia.mempelajri agama bukan dari pendapat manusia, manusia juga ciptaan, bagaimana dia bisa menilai ayat alkitab palsu.jawab saya dulu? Hendaknya anda penulis mengutip ayat alkitab bukan pendapat orang,baru itu benar. Tuhan itu adalah Ia tidak diciptakan tetapi menciptakan,Ia bisa mengampuni dosa, Ia bisa bermujizat atas kuasanya sendiri,Tuhan itu bertahta di sorga. Penulis yang pura-pura bodoh atau memang bodoh?

      Hapus
    3. Saya yakin tidak lama setelah anda menulis ini, mungkin anda akan mendapat azab dari Allah. karena berani mengatakan Alquran palsu. apakah anda bisa menjelaskan dimana palsunya. kamu umat islam tidak mengikari Taurat, Zabur & injil, kami percaya bahwa kitab -kitab itu adalah ucapan Allah kepada para Nabinya. tapi apakah kitab-kitab tersebut memang masih orsinil???
      disinilah perbedaannya, Alquran adalah penyempurna kitab-kitab terdahulu dan dijamin keasliannya sampai kiamat.
      Logika :
      jika pemerintah membuat keputusan tentang rakyat dan lalu dijalankan tapi di tengah jalan ternyata keputusan tersebut tidak berjalan semstinya pasti akan diganti dengan keputusan yang baru yang sesuai dan pas untuk rakyatnya, dengan kata lain keputusan yang lama akan di cabut bukan? begitu juga dengan kitab suci.
      pertanyaan saya:
      1. jika yesus tuhan maka apa yang di ucapkannya tentuakan menjadi isi Alkitab, tapi mengapa banyak sekali bermacam-macam Bibel? bahkan antar gereja memiliki Bibel masing-masing dan saling mengagung bibel keluarannya lah yang paling "bagus". sejak Yesus ada sampai sekarang, sudah berapa kali Bibel itu di revisi?????
      Lihatlah Alquran, dari Pertama Turun sampai sekarang tetap satu, anda ada di belahan negara manapun maka hanya akan menemukan satu Alquran yg sama.
      2. Mengapa ada beberapa orang Kristen yang senang menggunakan kalung Salib, apakah Yesus yang mengajarkannya??? jika anda menjawab: " karena Yesus mati di kayu Salib.
      Lalu jika Yesus Mati di Kursi Listrik apakah anda akan menggantung Kursi Listrik????
      Nabi Muhammad tidak pernah mendustai Nabi-nabi sebelumnya bahkan Dia Membenarkannya. Termasuk Nabi Isa AS. yang dilahirkan dari Rahim Maryam.
      bicara soal kesaktian / mukzizat:
      Nabi Isa (yang anda anggap yesus) terkenal karena Mukzizatnya dalam ilmu kedokteran, termasuk membangkitkan orang yang sudah mati.
      apakah anda tahu Allah menurunkan Nabi sesuai dengan keadaan masyarakat pada saat itu yang sangat terpikat dengan ilmu kedokteran maka diberilah Nabi Isa kemampuan/ mukzizat ilmu kedokteran. sedangkan pada jaman nabi Muhammad orang sedang tergila-gila dengan puisi / syair maka dikirimkan lah Muhammad dengan Alquran.
      ada sebagian non muslim mengatakan yesus bisa lahir tanpa serang Bapak/ ayah ini salah satu mukzizatnya. kalo begitu lebih hebat lagi nabi Adam AS dia lahir tanpa Bapak dan Ibu.
      Mukzizat nabi Muhammad sangat banyak salah satunya adalah membelah bulan, apakah kamu tahu bahwa bulan pernah terbelah?? hal ini sudah dibuktikan oleh NASA. jadi silahkan baca kisah bulan yg terbelah.
      panjang sekali jika saya harus menjelaskan tentang kepalsuan Al-kitab.
      sebaiknya anda cari tahu dahulu. kitab anda dikeluarkan dari bibel mana dan sudah berapa kali di revisi?? dan dirunut apakah yg menulis kitab tersebut benar-benar murid yesus. 1. yg pasti alkitab yg banyak beredar adalah dari pnd Santo. kamu tahu siapa santo??? silahkan anda cari tahu dahulu baru nilai kitab anda??

      sebelum anda menghujat Nabi Muhammad, sebaiknya anda lebih banyak belajar lagi dan carilah sampai mampus segala kesalahan Nabi Muhammad baru kita debat lagi.

      Hapus
  2. wkwkwkwwk, ngakak abis baca komennya marco balian,, HAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Namanya jg Marco. Lebih mengedepankan emosi daripada akal logika.

      Hapus
    2. Kami umat kristen tidak ada gunanya emosi dengan tulisan semacm diatas karena memang tidak benar. Kalau hanya mengutip pendapat orang anak SD juga bisa.tetapi disayangkan penulisnya miskin sekali pengetahuan agamanya sendiri, kok bisa yah mengetahui ajaran agama orang lain? Aneh.mengaku punya buku tapi hanya berisi kutipan orang lain. Pakailah pendapatmu sendiri coi baru namanya pintar.ah masih anak ingusan

      Hapus
    3. mau pendapat orang atau binatang, bisa ga lo jawab??? di tanya laen malah jawab laen. ga usah fanatik jadi orang,pelajari dulu baru komen!! bodoh koq dipelihara!!!

      Hapus
    4. saya mau nanya ne sama yg namanya junianto@ pada jaman yesus hanya orang2 bani israel yg tidak percaya kepadanya! di jaman sekarang hampir 50% penduduk dunia tidak mempercayainya sebagai tuhan. mestinya inilah saat yg tepat untuknya agar turun kembali ke bumi sebagai penebus dosa. kenapa dia tidak memperlihatkan dirinya kembali kepada domba2 yg tersesat (menurut kristen) dijaman ini??? jawab pakai logika mas!!

      Hapus
  3. Oh ya baru kali ini saya baca islam adalah lantera, setahu saya arti cahaya itu digunakan untuk ajaran kristen, seperti lilin,pelita,lantera,cahaya terang. Adakah alquran yang mengatakan muhammad lantera?haha ada-ada saja.bagi penulis saya sarankan anda mengutip ayat-ayat kitab suci,bukan pendapat orang,orang itu manusia yang tak luput dari salah dan dosa.kamu juga mengutip ayat Alkitab sedikit dan tak lengkap dan kamu vonis palsu,jadi gak ada gunanya publikasimu ini.apa yang mahu dibahas?anda harus membuktikan kebenaran ayat Alkitab itu dengan perbandingan yang lain,bukan langsung vonis palsu karena pendapat manusia.jadi belajarlah lagi kau dek ya.

    BalasHapus
  4. @junianto
    Cahaya, Pelita, Cahaya diatas Cahaya itu ada dalam Al Quran Surat An Nur Q24:35 :
    .
    Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
    .
    Nah kalo dalam kepercayaan kristen tampak dalam salib bahwa yesus kepalaya bercahaya kan, .tapi sayang ........ bagi yang blom tau, itu adalah gambarnya DEWA MATAHARI dimana hari kelahirannya pada tgl 25 desember, makanya kelahiran yesus disamakan demikian, padahal menurut sejarah yesus itu lahirnya dimusim semi atau panas dimana dalam bible dijumpai data domba domba berjalan jalan diluar dimalam hari dus ini menandakan bukan musim dingin, sedang desember itu adalah winter alias bukan musim panas .............ting tong !

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuhan itu tidak melahirkan dan tidak di lahirkan,karna tuhan itu satu...lah kl tuhan dilahirkan tar banyak dong tuhan-tuhan berikutnya...

      Hapus
  5. di alquran, YESUS itu lahir dari roh..lah mana ada manusia lahir dr roh?.. ada2 aja ya.. ALLAH itu kan ROh...dan ALLAH itu Maha Kuasa.. Kl DIA mau jadi manusia, trus kita mau marah?.. Aneh ya..
    YESUS itu Rohullah... Roh NYA ALLAH sendiri...
    Dan sptnya ALLAH islam pun lebih dari satu.. coba deh baca (QS. Asy Syuura [42]:52).. tlong bantu saya makna kata "Kami" disana.. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini jawabannya:

      1. Mengapa Yesus disebut ruh Allah?
      http://lampuislam.blogspot.com/2014/03/kenapa-nabi-isa-yesus-disebut-roh-allah.html

      2. Kenapa Allah menyebut diri-Nya "Kami" dalam Al-Qur'an?
      http://lampuislam.blogspot.com/2014/03/kenapa-allah-menyebut-diri-nya-kami.html

      Semoga bermanfaat dan memberi anda pencerahan... :-)

      Hapus
  6. Assalamualikum.wr.wb.
    Saya juga bukan ustad bukan ahli agama,pengertian agama saya juga masih sangat kurang.tapi paling tidak saya tau mana yang harus saya lakukan dan mana yang tidak harus saya lakukan. mana yang bisa mendapatkan pahala dan mana yang bisa berakibat dosa. mungkin hanya itu paling tidak pengetian saya.
    Meskipun saya bodoh mengenai Agama,Alangkah indahnya dunia ini jika kita bisa saling menghormati dan saling menyayangi.
    Dulu sewaktu saya kecil "beragama kristen" karena ayah saya nasrani ibu saya muslim,tapi sekarang saya sudah masuk Islam.
    Maaf sebelumnya.. bukan mau ikut campur, tapi ketika saya melihat,mendengar, tentang masalah saling menghujat sesama antar umat beragama hati kecil saya ingin sekali mengatakan SEMUA AGAMA ITU MENGAJARKAN KEBENARAN teman, marilah kita hidup rukun berdampingan. masalh BENAR ATAU TIDAK nya nanti. Biarlah ALLOH yang menentukan. kita sebagai manusia jalankan saja apa yang menjadi kewajiban kita (menurut agama masing masing).
    Maaf kalau komentar saya ini mengganggu klo baik ambilah kalau tidak baik tak usah di hiraukan.
    matur nuwun.

    BalasHapus
  7. oh iya lupa.. maen ke blog saya ya teman teman.. dari pada salaing menghujat marilah kita berbagi informasi yang bermanfaat. di sini blog saya.. hehe. sekalian promosi maaf ya.. :)
    http://robertkarnanto-home.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. andaikan muhammad bisa membuat sebuah mujizat, katakanlah membuat se ekor lalat, atau membangkitkan manusia yang telah meninggal dunia, tentu, orang kristen ada yang percaya akan kenabianya, dan satu lagi kenapa allahnya selalu mengirim surat, bahkan surat tersebut harus melalui jibril kenapa bukan allahnya sendiri yg menyampaikanya,.
    thanks

    salma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yesus bisa membelah bulan???
      ketahui lah bulan itu pernah terbelah dan sudah di buktikan iptek jaman sekarang.
      pertanyaan saya, jika anda berdoa kepada yesus, tolong sampaikan, bukankah dia bisa menghidupkan orang mati, katakan padanya untuk hidup lagi sekarang juga, untuk membuktikan siapa yg salah diantara kita. tentu bukan hal yg sulit jika dia bisa menghidupkan kembali orang yg sudah mati pasti mudah bagi dia untuk hidup lagi.

      apa maksudnya mengirim "surat"?
      Jibril adalah malaikat penyampai wahyu kepada nabi untuk disebarkan kepada umatnya. jika Allah harus turun sendiri, untuk apa di ciptakan jibril?
      Perlu diketahui, ketika Irra Miraj , nabi langsung menghadap kepada Allah, dan Allah pun memerintahkan secara langsung kepada Nabi Muhammad dan juga hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah Shalat. jadi tidak selalu melalui malaikat jibril.

      tolong dipikirkan: jika Yesus Tuhan, kenapa dia bisa mati??? Tuhan itu abadi, Kekal dan maha kuat serta maha segalanya.
      Jika Yesus Tuhan dia pasti tahu akan dikhianati oleh Yudas, tapi kenapa malah diterima menjadi murid???
      Yesus itu hanyalah Nabi, utusan Allah cobalah lihat dulu kedalam tubuh anda sendiri, masuk akal tidak segala ritual yg anda lakukan dalam hal ibadah atau lainnya, roti natal, telur paskah, kalung salib, 25 desember,jumat abu...
      silahkan pikirkan jika mu punya akal??? tanyakan kepada pendeta anda
      apakah jawabanya rasional menurut anda???

      Hapus
    2. jangan salah Nabi kami Muhammad SAW pernah menghidupkan orang yang telah meninggal tapi tidak dibesar-besarkan. semua mukjizat nabi Isa sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw tpi semua mukjizat Nabi Muhammad tdk bisa di lakukan oleh Yesus. terima kasih

      Hapus
  9. I have researched by reading the Bible from beginning to end, and examined The Qur'an from beginning to end, I concluded that Jesus (pbuh) was SENT BY GOD. He is not God. The message is very obvious and repeatedly confirmed by The Quran and The Bible itself. Please brothers and sisters READ BOTH BOOKS as you'll find two books in the jungle or in the desert. You will find the answer to your own conscience, not of the opinion of others. You can not say about Jesus (pbuh) or Muhammad (pbuh) before you read the history of both. Refer to yourself and your own conclusions. Peaace ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I strongly agree with you. might be said that you have to get "Hidayah" of God. not many people can get guidance from God, including a Muslim. so now what religion you choose???

      Hapus
    2. Hi there! Well, hmmm.. I still much to learn. :) You probably have not felt what it feels like someone is going to religious conversion. Moreover, it has been the religion you profess since you wre born. Obviously, I strongly believe that God is one. He is the Almighty. I'll still continue to learn more.. Haha :D

      Hapus